Partition Magic 8 Under DOS (Bootable)

Ini pengalaman saya hari ini ketika akan melakukan install notebook yang tidak ada drive DVD nya, dan bukan hanya itu saja, menagement hard disk notebook tersebut juga bermasalah. Dimana ketika saya lakukan install Windows XP3 dengan menggunakan flash disk. Setelah proses instalasi setengah jalan dimana selanjutnya semestinya notebook tersebut boot dengan hard disk, tetapi kenyataanya tidak bisa dan disana muncul peringatan yang intinya hard disk bermasalah.

Masalah ini sebenarnya tidak merepotkan jika saja saya di perbolehkan menformat ulang seluruh hardisk, tetapi masalahnya saya tidak boleh melakukannnya karena di dalam hard disk ada datanya yang tidak boleh hilang atau saya tidak ada kabel sata driver untuk membackup datanya ke harddisk di notebook lain. Dengan kata lain saya hanya boleh menformat drive System atau drive C saja!

Kemudian saya berpikir untuk menggunakan tool FDISK pada star up windows 98. Tetapi yang terjadi menurutku bukan mengatasi masalah, tapi malah memperparah keadaan atau mungkin saya yang memang tidak bisa menggunakannya, entahlah!

Selelah putar- puter akhirnya menemukan aplikasi partisi magic 8 under DOS pada dokumen lama saya. Yang kemudian saya masukkan pada flash disk yang sudah ada star up windows 98 (bootable).

Yang dibutuhkan :
Cara membuatnya :
  • Extrak semua file-file yang telah didapatkan
  • Format flash disk menjadi sistem boot dengan aplikasi USB Formater.exe dan star up windows 98. Lihat gambar di bawah ini.



  • Setelah proses format sesuai gambar diatas selesai. Kemudian Kopikan folder aplikasi partition magic 8 under dos beserta isinya kedalam flash disk.
  • Dan siap digunakan
Cara mengunakannya :
1. Nyalakan notebook.
2. Setting bios agar booting lewat USB flash disk.
3. Tunggu bootting dengan flash disk berjalan.
4. Setelah masuk sistem DOS windows 98 masuk pada direktori aplikasi partition magic 8, misal disini contohnya “CD PQ8” enter, tanpa petik.

5. Ketik “muose” enter, tanpa petik agar kita dapat menggunakan mouse.
6. Jalankan aplikasi partition magic 8 dengan ketik “pqmagic”, tanpa petik.


7. Silahkan gunakan aplikasi partition magic 8 under dos.




Catatan :
Backup data yang ada di dalam harddisk Anda sebelum menggunakan tips dan trik ini, karena harddisk Anda akan terformat!!

Semoga membantu dan bermanfaat.

Description: Partition Magic 8 Under DOS (Bootable), Rating: 4.5, Reviewer: atc electronic, ItemReviewed: Partition Magic 8 Under DOS (Bootable)

Artikel Terbaru

Sponsor